Waskita Siap Lunasi Obligasi Jatuh Tempo Rp 2,5 Triliun

Waskita Karya (Persero) Tbk (Kode Saham : WSKT) telah menyiapkan dana untuk penyelesaian kewajiban pembayaran pokok obligasi…


Waskita Karya (Persero) Tbk (Kode Saham : WSKT) telah menyiapkan dana untuk penyelesaian kewajiban pembayaran pokok obligasi senilai Rp 2,five Triliun yang jatuh pace pada 6 dan sixteen Oktober 2020.

Terdapat 2 seri Obligasi Waskita yang akan jatuh pace pada bulan ini yaitu Obligasi Berkelanjutan III Waskita Karya Tahap I Tahun 2017 Seri A sebesar Rp 1,37 Triliun yang akan jatuh tempo pada 6 Oktober 2020.

Obligasi tersebut memiliki tenor three Tahun dan tingkat bunga 8,00%. Lembaga pemeringkat efek, Fitch rankings menyematkan peringkat “B- (idn)” untuk obligasi tersebut.

Obligasi Berkelanjutan I Waskita Karya Tahap II Tahun 2015 senilai Rp 1,15 Triliun dengan tenor 5 tahun dan kupon 7,10% juga akan jatuh pace pada tanggal sixteen Oktober 2020. PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO) memberikan peringkat “identity BBB+” untuk obligasi ini.

Senior vp company Secretary Waskita, Ratna Ningrum menjelaskan, bahwa dana pelunasan pokok obligasi telah siap. Dana bersumber dari kas inner dan fasilitas perbankan Perusahaan.

Ratna menegaskan bahwa pembayaran obligasi jatuh tempo ini merupakan komitmen Waskita dan bagian dari strategi penyediaan likuiditas yang telah direncanakan.

“Pelunasan ini menegaskan kemampuan kas Waskita untuk membiayai operasional dan pelunasan kewajiban kreditur tetap dapat dipenuhi", kata Ratna.

Seperti diketahui, pada 19 Agustus 2020 Fitch scores menurunkan Peringkat Nasional Jangka Panjang Waskita dari semula “BBB+ (idn)” menjadi “B (idn)”.

Penurunan peringkat tersebut lebih disebabkan adanya sentimen negatif Fitch atas risiko likuiditas dan minimnya dukungan lembaga keuangan dan Pemerintah di tengah kondisi pandemi Covid-19.

“Kami berharap pelunasan ini menjadi bukti komitmen kami sekaligus sebagai katalis perbaikan peringkat kredit Waskita Karya," tambah Ratna.

Sebelumnya, Waskita menyatakan akan terus meningkatkan kemampuan likuiditas melalui percepatan penerimaan piutang termin proyek konstruksi, baik yang dikerjakan dengan skema pembayaran turnkey atau progress fee.

In line with 31 Agustus 2020, Waskita telah menerima pembayaran proyek turnkey sebesar Rp 7 Triliun dan skema progress fee sebesar Rp 6,five Triliun.

Selain itu, guna mempertahankan kinerja, Waskita juga terus berupaya mengejar goal perolehan Nilai Kontrak Baru dengan target sebesar Rp 27 Triliun di 2020.

Sampai dengan Triwulan III 2020, Waskita telah mencatatkan perolehan kontrak baru sebesar Rp 11,7 Triliun dengan kontribusi terbesar berasal dari proyek infrastruktur seperti jalan tol, bendungan, dan irigasi.

You may like these posts

0 Komentar

  1. To insert a code use code_here
  2. To insert a quote use your_qoute
  3. To insert a picture use url_image_here
Tinggalkan komentar sesuai topik tulisan, komentar dengan link aktif tidak akan ditampilkan.
Admin dan penulis blog mempunyai hak untuk menampilkan, menghapus, menandai spam, pada komentar yang dikirim